tag:blogger.com,1999:blog-30127664902906895312024-03-08T10:25:47.962-08:00MB PRINT YOUR PRINTER SOLUTIONMB PRINThttp://www.blogger.com/profile/13580219258154118163noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-3012766490290689531.post-67333189735038658992011-02-26T08:46:00.000-08:002011-02-26T20:50:16.118-08:00bukanlah kualitas, tetapi pasar supplies tinta printer di tanah air.<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on"><m:smallfrac m:val="off"> <m:dispdef> <m:lmargin m:val="0"> <m:rmargin m:val="0"> <m:defjc m:val="centerGroup"> <m:wrapindent m:val="1440"> <m:intlim m:val="subSup"> <m:narylim m:val="undOvr"> </m:narylim></m:intlim> </m:wrapindent> </m:defjc></m:rmargin></m:lmargin></m:dispdef></m:smallfrac><br />
<div class="separator" style="clear: both; text-align: center;"></div><div class="separator" style="clear: both; text-align: center;"></div><div class="first1" style="background: none repeat scroll 0% 0% white;"><span lang="EN-GB" style="font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 10pt;">JAKARTA</span><span lang="EN-GB" style="font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 10pt;">, Kompas.com - Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan saat membaca judul di atas. Yang dibicarakan bukanlah kualitas, tetapi pasar supplies tinta printer di tanah air.</span></div><div class="MsoNormal" style="background: none repeat scroll 0% 0% white; margin: 7.5pt 0in;"><span lang="EN-GB" style="color: #333333; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 10pt;">Pasar produk kompatibel, begitu laporan terbaru IDC, cenderung lebih baik dibandingkan produk original. Pasalnya, banyak pengguna produk tinta (inkjet) original beralih ke produk kompatibel. Menurut Tony Hendrawan (Analis Pasar, IDC), peralihan produk ini disebabkan oleh ketidakstabilan harga produk original akibat tidak stabilnya kurs dollar Amerika terhadap Rupiah selama kuartal empat 2010. Sementara itu, harga produk kompatibel lebih stabil.</span></div><div class="MsoNormal" style="background: none repeat scroll 0% 0% white; margin: 7.5pt 0in;"><span lang="EN-GB" style="color: #333333; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 10pt;">Hal yang sama juga terlihat pada produk toner. Toner kompatibel kian diminati. “Yang patut dicatat adalah kenaikan kompatibel sebesar 4,4%. Penyebab utama dari kenaikan sekuensial ini serupa dengan pasar tinta. Kestabilan harga kompatibel, terutama produk refill toner, membuat pengguna banyak beralih ke produk tersebut untuk penghematan,</span></div><div class="MsoNormal" style="background: none repeat scroll 0% 0% white; margin: 7.5pt 0in;"><span lang="EN-GB" style="color: #333333; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 10pt;">Kendati demikian, produk tinta (inkjet) original tetap mendominasi dengan mengisi 58,5% kue pasar. Produk kompatibel sendiri mendapat bagian 37,2% pasar. Untuk produk toner, merek original juga masih sangat mendominasi dengan menguasai 74,1%, jauh di atas produk kompatibel yang 22,7%. Begitu menurut laporan IDC yang diterbitkan Maret 2010.</span></div><div class="MsoNormal" style="background: none repeat scroll 0% 0% white; margin: 7.5pt 0in;"><span lang="EN-GB" style="color: #333333; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 10pt;">Dan walaupun secara keseluruhan, pasar supplies tinta printer inkjet di Indonesia turun 4% di kuartal empat tahun 2010, pasar tetap tumbuh 6,3% jika dibandingkan perioda sama tahun 2009.</span></div><div class="MsoNormal" style="background: none repeat scroll 0% 0% white; margin: 7.5pt 0in;"><span lang="EN-GB" style="color: #333333; font-family: "Arial","sans-serif"; font-size: 10pt;">Bagaimana tahun ini? IDC memprediksi pasar supplies akan bereaksi lebih independen terhadap krisis finansial global. Ini dikarenakan aktivitas pencetakan harian sudah menjadi kebutuhan utama sektor komersial dan juga sebagian konsumer. “Kebutuhan akan supplies tetap mengikuti pertambahan jumlah pengguna printer secara umum,” begitu tulis IDC dalam laporannya. www.mbprint.blogspot.com </span></div></div>MB PRINThttp://www.blogger.com/profile/13580219258154118163noreply@blogger.com1